Website Resmi IDENTIK | Ikatan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

Ubuntu 13.10 “Saucy Salamander,” untuk Desktop dan Ponsel


What's New In Ubuntu 13.10 "Saucy Salamander," for Desktop and Phones

Ubuntu 13.10 tersedia sekarang, dan membawa beberapa perbaikan kecil untuk desktop Linux OSterutama pencarian web yang lebih komprehensif dalam Dash disebut Smart Scopes. Ada juga Ubuntu Touch sebagai rilis stabil pertama untuk ponsel.

Versi desktop tidak memiliki ribuan fitur baru kali ini karena Ubuntu berfokus pada pengembangan telepon, kata Ubuntu Community Manager; Jono Bacon. Ubuntu Touch tidak ditujukan bagi masyarakat untuk diinstal pada ponsel mereka sendiri (meskipun Anda bisa), mereka menggunakan banyak energi ke arah itu sehingga desktop belum mendapatkan ribuan update. Inilah yang akan Anda temukan di 13.10.

 Unity Smart Scopes Mencari di Web dari Dash

What's New In Ubuntu 13.10 "Saucy Salamander," for Desktop and Phones

Ingat di Ubuntu 12.10, ketika Dash mendapat hasil pencarian di Amazon pada Dash? Itu sedikit mengganggu, tapi fitur yang itu berkembang menjadi sesuatu yang bisa dibilang lebih berguna dengan “Smart Scopes.”Smart Scopes menambahkan hasil pencarian untuk ribuan informasi lainnya tentang layanan web seperti Wikipedia, Foursquare, Reddit, eBay, Ubuntu One Music, Grooveshark, dan lain-lain, bersama dengan aplikasi dan berkas hasil pencarian normal Anda. Ia juga “belajar” bersama Anda ketika Anda mengklik pada hal-hal, sehingga akan melayani Anda dengan hasil yang lebih relevan.

Tentu saja, jika Anda tidak menyukai fitur ini, Anda dapat menonaktifkan setiap lingkup individu atau bahkan hapus instalasinya seluruhnya (meskipun hal ini tidak dianjurkan).

 

Antarmuka yang Berubah dan Pembaruan App

What's New In Ubuntu 13.10 "Saucy Salamander," for Desktop and Phones

Ubuntu 13.10 berisi beberapa perubahan antarmuka yang sangat kecil, seperti di File Manager. Anda juga akan mendapatkan 18 wallpaper baru dan latar belakang desktop baru.

Firefox masih merupakan browser default di Ubuntu, setelah beberapa perdebatan untuk beralih ke Chromium. Anda juga akan menemukan versi yang diperbarui dari LibreOffice, File, Disk, dan Rhythmbox.

 

Ubuntu Touch untuk Ponsel dan Tablet

What's New In Ubuntu 13.10 "Saucy Salamander," for Desktop and Phones

Sebagian besar energi Canonical digunakan untuk rilis stabil pertama dari Ubuntu Touch, juga tersedia saat ini. Ini secara resmi tersedia untuk sebagian besar ponsel Nexus dan tablet, dan tidak resmi tersedia untuk khalayak ramai.
Ubuntu Touch mungkin stabil, tapi jelas tidak selesai.” Anda memiliki semua aplikasi dasar yang dibutuhkan untuk telepon, seperti dialer, browser web, kontak, kamera dan galeri, dan bahkan aplikasi jaringan sosial, namun banyak yang masih hilang.
App store belum tersedia, dan shortcut ke Facebook dan Gmail hanya naikkan webapps dalam browser. Singkatnya: itu dapat digunakan, tetapi tidak persis fitur penuh.
OS ini terbilang keren, meskipun. Anda menggesek di tepi telepon untuk membuka peluncur aplikasi, kunjungi layar awal, multitask, dan menu tampilan daripada tombol perangkat keras. Layar awal sedikit berbeda dari apa yang Anda lihat di iOS dan Android, menampilkan aplikasi yang terbuka di bagian atas dan shortcut di bagian bawah.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, itu tidak benar-benar dirancang untuk pengguna akhir, di utamakan untuk operator dan produsen, tetapi jika Anda ingin menggunakannya, Anda dapat menginstalnya pada ponsel Anda. Hati-hati, ini akan menghapus segala sesuatu pada telepon Anda, mungkin termasuk backup dan kartu SD, jadi backup semuanya ke PC Anda terlebih dahulu untuk berjaga-jaga. Anda juga mungkin dapat menemukan file ZIP flashable seperti di situs XDA Developers untuk telepon yang spesifik, meskipun Anda harus melakukan sedikit pencarian.
Secara keseluruhan, Ubuntu 13.10baik pada desktop dan pada ponsel. Lebih merupakan preview apa yang akan datang. Bukan update besar sehingga Anda akan buru-buru keluar dan mendapatkan. Unity 8 sedang disiapkan untuk tahun depan, bersama dengan server yang ditampilkan baru bernama Mir, dan mudah-mudahan versi yang lebih matang Ubuntu Touch.
Sumber: http://lifehacker.com

Ada pertanyaan atau komentar?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: