Website Resmi IDENTIK | Ikatan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

Kode Registrasi untuk Login BOS Online Hilang? Coba Cari di sini.


Kemdikbud menyediakan fasilitas pelaporan BOS Online melalui web http://lapor.bos.kemdikbud.go.id/. Untuk bisa menginput laporan penggunaan dana BOS tersebut, setiap sekolah harus login terlebih dahulu. Username standar untuk login adalah Kode Registrasi Aplikasi Dikdas (Dapodikdas) 2012, dengan NPSN sebagai passwordnya. Setelah bisa login, kita dapat mengubah password sesuai dengan yang kita inginkan, Tetapi tidak bisa mengubah username standarnya (kode registrasi).

Jika kita lupa/kehilangan password untuk loginnya, kita bisa menggunakan fasilitas pengingat password yang telah disediakan di http://lapor.bos.kemdikbud.go.id/home/forgot_password dengan memasukkan username dan password baru kemudian klik pada tombol reset. Lalu bagaimana jika kita lupa/kehilangan kode registrasi yang digunakan sebagai username? Caranya adalah mengikuti petunjuk di website BOS:

Jika tdk mengetahui kode registrasi, tanyakan pada Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat, ke petugas dapodik.

Jika terjadi masalah silahkan email ke: pelaporan.BOS@gmail.com dengan menyebutkan nama sekolah, nmr registrasi dan NPSN.


Adakah cara lain untuk mencari kode registrasi yang hilang? Sambil menunggu kode registrasi dari Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat/petugas Dapodik, kita bisa mencarinya sendiri, lumayan untuk menambah pengetahuan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan kode registrasi anda. Yang kita butuhkan hanya Aplikasi Dapodikdas 2012 yang pernah kita gunakan dan SQLite Database Browser.

Langkah-langkahnya:

1. Siapkan aplikasi SQLite Database Browser, bisa di download di sini.
2. Extract dan Jalankan SQLite Database Browser.
3. Pilih menu “Open”. Buka file “data.db” yang terdapat pada folder Aplikasi Pendataan Dikdas 2012. Jika tidak diubah, folder default-nya adalah C:Aplikasi Pendataandata
4. Klik pada tab “Browse Data” ; kemudian pilih tabel “sekolah” melalui menu Drop Down “Table”.

5. Double klik pada angka (angka ini terdiri dari 14 digit) yang terdapat pada kolom “kode registrasi” ; pada contoh ini, kode registrasinya adalah 11720889472782.



Akan muncul window “Edit database cell” ; Copy seluruh angka kode registrasi yang anda dapatkan.


5. Selanjutnya, kita harus mengubah angka kode registrasi ini. Untuk mengubahnya, kunjungi web http://www.kaagaard.dk/service/convert.htm.

Paste angka kode registrasi ke bagian “Input Value”
Pilih angka 10 pada bagian “From Base”
Pilih angka 32 pada bagian “To Base”
Selanjutnya Klik Tombol “Convert”


Kita sudah mendapatkan kode registrasi yang sesungguhnya pada bagian “Output Value”.  Pada contoh ini saya mendapatkan kode AL3TN85OE dari hasil konversi.Copy kode yang anda dapatkan dan silakan dicoba. 

Jika ternyata tidak berhasil, kemungkinan kode registrasi yang digunakan untuk login ke website BOS sudah ada perubahan. Tapi paling tidak kita bisa mengetahui mekanisme konversi kode registrasi yang digunakan pada Aplikasi Dapodikdas. Seperti yang saya bilang di awal posting ini, lumayan buat pengetahuan. 🙂


Ada pertanyaan atau komentar?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: