Website Resmi IDENTIK | Ikatan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

Pengelolaan Pembelajaran Transisi Kurikulum KTSP – 2013


Pengelolaan pembelajaran merupakan salah satu komponen transisi yang penting untuk dipahami dan dilakukan. Dalam hal ini, kepala sekolah, guru, orang tua, serta pihak lain yang terlibat, setidaknya harus memiliki pemahaman akan pentingnya perubahan, sebagai bagian dari transisi kurikulum lama ke Kurikulum 2013. Beberapa jenis transisi yang harus dilakukan, antara lain:

a. Pengembangan Muatan Lokal
Muatan lokal untuk kelas I, II, IV, dan V pada Kurikulum 2013 terintegrasi dengan Muatan Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dengan alokasi waktu 4 Jam Pelajaran, serta 5 Jam Pelajaran di Kelas IV dan V. Sementara itu, untuk kelas III dan VI sama dengan struktur kurikulum KTSP 2006, yaitu terintegrasi secara tematik di kelas III dan 2 jam pelajaran di kelas VI. Jenis muatan lokal yang diambil, baik di kelas I, II, III, IV, V, dan VI, sesuai dengan karakteristik sekolah dan daerah. Pengembangan muatan lokal dalam kurikulum 2013, secara lengkap disajikan pada Buku Panduan Teknis yang dikembangkan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
b. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, baik di Kelas I, II, IV, dan V maupun di kelas III dan VI dapat dilaksanakan dengan jenis dan pola yang sama. Artinya, kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan, dapat dijadikan ekstrakurikuler wajib untuk semua peserta didik sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.Panduan Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler secara lengkap disajikan pada Buku Panduan Teknis yang dikembangkan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
c. Pendampingan peserta didik oleh orang tua
Kerjasama atau interakasi orang tua dalam mendampingi aktivitas belajar peserta didik, sesungguhnya dapat dilakukan untuk semua jenjang peserta didik. Berbeda dengan siswa kelas I, II, IV, dan V, dimana kerjasamaorang tua telah dirancang secara khusus dalam buku siswa, maka untuk siswa kelas III dan VI, kerjasama orang tua dapat dirancang oleh guru kelas atau sekolah. Kerjasama orang tua dalam mendampingi aktivitas pembelajaran peserta didik di rumah, harus sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan sesuai yang tertuang dalam panduan teknis pendampingan orang tua terhadap peserta didik yang telah dikembangkan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
d. Jadwal Pembelajaran
Penyusunan jadwal pembelajaran bagi siswa kelas I, II, IV, dan V disusun berdasarkan pembelajaran tematik terpadu.Sementara itu, untuk kelas III disusun dengan pendekatan tematik, dan kelas VI disusun dengan pendekatan mata pelajaran.
Sumber: Materi Diklat Kurikulum 2013, Kemdikbud.

Ada pertanyaan atau komentar?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: