Website Resmi IDENTIK | Ikatan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

Restore Prefill Baru Tanpa Perlu Install Ulang Dapodikdas/Dapodikmen


File prefill menyimpan database yang dapat kita restore ke aplikasi Dapodikdas/Dapodikmen. Atau bisa disebut prefill ini adalah backup-an dari database aplikasi Dapodik tetapi tersimpan di server online. File prefill ini bisa didapatkan dengan men-sinkronkan aplikasi Dapodikdas/Dapodikmen kemudian men-generate-nya agar mendapatkan file prefill baru yang isinya sama persis dengan data yang terakhir kali disinkron.

Untuk mendapatkan file prefill dengan data yang “up to date” tentu saja harus dipastikan bahwa data pada aplikasi sudah tersinkron semuanya sehingga tidak ada perbedaan antara data lokal (di PC/Laptop) dengan yang online (di server Dapodik). Suatu saat jika kita membutuhkan file prefill ini, kita dapat men-downloadnya dari web Dapodik. Setelah di-download, kemudian kita harus “me-restore-nya” alias menyimpannya ke dalam aplikasi.



Pada banyak tutorial di internet, cara restore yang disampaikan rasanya “lumayan” merepotkan. Langkah-langkah singkatnya kira-kira; Generate/Download prefill baru, Uninstal aplikasi Dapodik, Copy prefill ke folder C:prefill_dapodik, Install ulang aplikasi Dapodik, kemudian Registrasi. Repotnya pada Uninstal/Install ulang aplikasi Dapodiknya ini lho 🙁

Langkah-langkah di bawah ini akan memandu anda untuk “me-restore” prefill baru tanpa harus install ulang aplikasi Dapodik. Kita akan mengosongkan database Dapodik terlebih dahulu menggunakan Dapodik Editor. Jika belum mengenal/punya aplikasinya, silakan baca pada posting DapodikEditor versi terbaru – v 1.0.1.3 untuk Dapodikdas dan Dapodikmen.
1. Buka aplikasi DapodikEditor, pilih menu Tools >> Kosongkan Database >> Klik YES
2. Tunggu sampai proses pengosongan database selesai. Pada beberapa PC/Laptop proses ini tampak seperti Not Responding, tapi biarkan saja sampai muncul window konfirmasi.
 3. Proses pengosongan database selesai, klik OK. Copy prefill baru yang sudah anda Generate/Download dari web Dapodik ke C:prefill_dapodik (hapus file prefill yang lama jika masih ada). Lanjutkan dengan membuka aplikasi Dapodik >> Pilih menu REGISTRASI.
Selesai….

Ada pertanyaan atau komentar?

One comment on “Restore Prefill Baru Tanpa Perlu Install Ulang Dapodikdas/Dapodikmen

Dimohon Admin segera menambahkan peringatan di tulisan ini

Sebelum "Kosongkan Database",
pastikan Aplikasi Dapodikmen sudah sinkron di server online di Dapodikmen

Jika "Kosongkan Database" tanpa sinkron online di Dapodikmen, maka akan sangat berbahaya.
Karena data Anda akan kosong di Aplikasi Dapodikmen.
Tanpa adanya backup dari server online di Dapodikmen

Reply

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: