Website Resmi IDENTIK | Ikatan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

DapodikEditor+ v 2.0.1.1 untuk Dapodikdas 3.0.3


Tim pengembang DapodikEditor kembali mem-publish DapodikEditor versi terbaru yaitu DapodikEditor+ versi 2.0.1.1. Kali ini ada tanda “plus” pada bagian akhir nama DapodikEditor karena versi ini hasil penggabungan 3 aplikasi, yaitu: DapodikEditor v 1.1.1.3 Dikdas + Aplikasi Administrasi Penilaian Otentik + Aplikasi Kode Inventaris BMD. Sebelumnya ketiga aplikasi tersebut diterbitkan secara terpisah.



Penggabungan ini dilakukan untuk memperluas fitur DapodikEditor, mempersembahkannya untuk kemajuan dunia pendidikan, sekaligus memperkenalkan dan mengarsipkan aplikasi-aplikasi yang pernah terbitkan oleh pengembang DapodikEditor.

Versi DapodikEditor+ ini hanya kompatibel dengan aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3. Sampai sat ini belum diterbitkan DapodikEditor+ untuk Dapodikmen. Selanjutnya mari kita ulas fitur-fitur DapodikEditor+ v 2.0.1.1. 

Fitur khas DapodikEditor (editing database Dapodikdas v 3.0.3)

Dalam versi ini, fitur DapodikEditor masih sama seperti DapodikEditor versi sebelumnya yaitu versi 1.1.1.3. Penambahan fitur tersebut antara lain: perbaikan-perbaikan bug saat menjalankan
fungsi backup/restore. Perubahan lainnya; DapodikEditor ini diterbitkan dengan versi instalasi.



Fitur Aplikasi Administrasi Penilaian Otentik (Kurikulum 2013) khusus untuk sekolah dasar.

Bagi sekolah-sekolah yang masih melanjutkan penggunaan Kurikulum 2013, tak perlu direpotkan dengan pengadministrasian nilai-nilai muatan pembelajaran kurikulum 2013, pada versi ini DapodikEditor+ menyertakan sebuah aplikasi admiistrasi penilaian otentik (Kurikulum 2013) khusus untuk jenjang sekolah dasar. 
Sebelumnya aplikasi ini diterbitkan terpisak dengan nama RaporK13 – Identik. Dengan aplikasi tersebut bapak/ibu guru dapat mengadministrasikan / mengolah nilai-nilai hasil dari berbagai bentuk penilaian yang bapak / ibu guru lakukan mengacu pada ketentuan kurikum 2013 secara komprehensif dan kronologis (per tanggal). Fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut antara lain:

  • Fasilitas edit/input data profil sekolah.
  • Fasillitas input berbagai tingkatan kelas & support untuk digunakan banyak rombel dengan jumlah data siswa yang tidak terbatas.
  • Fasilitas edit / input Aspek, Indikator, Muatan Pembelajaran, Kompetensi Dasar untuk KI-1 sampai KI-4 secara manual. Walaupun dalam paket instalasi standarnya sudah disertai dengan aspek, indikator, muatan pembelajaran & kompetensi dasar untuk kelas 1, 2, 4, 5 (semester I) .








  • Fasilitas import data rombongan belajar beserta peserta didiknya dari aplikasi Dapodikdas v 3.0.3, jika di install bersamaan dengan PC/Laptop yang terinstall aplikasi Dapodikdas v 3.0.3. Memang tidak semua data yang dibutuhkan bisa terimpor, tetapi lumayan membantu karena beberapa data penting siswa (nama, nisn, tempat/tanggal lahir, nama ortu, alamat, dsb) tidak perlu menginput lagi.


  • Disediakan juga fasilitas input data peserta didik secara manual bagi pengguna yang tidak bisa import dari Dapodikdas.

  • Support input hasil penilaian untuk KI-1 (Sikap Spiritual) dan KI-2 (Sikap Sosial) dari berbagai bentuk penilaian, misalnya observasi, penilaian diri, penilaian antar teman.
  • Support input hasil penilaian untuk KI-3 (Pengetahuan) dari berbagai jenis penilaian, misalnya ulangan harian, UTS, UAS.
  • Kompetensi dasar tiap muatan pembelajaran langsung terpetakan saat pengguna memilih muatan, tema, dan subtemanya saat input nilai KI-3.
  • Fasilitas input nilai bukan per siswa, tapi per rombel sehingga sangat efisien dibanding jika harus menginput nilai per satu siswa.
  • Fasilitas cetak laporan secara rinci dan rekapitulasi untuk tiap penilaian yang sudah diadministrasikan.
  • Pengolahan nilai sudah mengacu pada; Modus untuk Sikap, Rerata untuk Pengetahuan, dan Capaian Optimum untuk Keterampilan.
  • Hasil  pengolahan nilai menampilan nilai input, hasil konversi, predikat, dan deskripsi. Hasil pengolahan juga menampilkan ketuntasan belajar siswa (tuntas atau harus remedial) mengacu pada KKM KI-3 minimal 2,67.
  • Fasilitas input jurnal, catatan fisik dan kesehatan, ekstrakurikuler, kehadiran, prestasi, dsb.
  • Fasilitas cetak format halaman rapor sesuai dengan format kurikulum 2013 mulai dari halaman Cover hingga Lembar Mutasi Siswa.
  • Semua junis laporan yang ditampilkan aplikasi ini dapat dicetak langsung atau di export ke format pdf, rtf (word), dan xls (excel)

Fitur Aplikasi Kode Inventaris Barang Milik Daerah (BMD)

  • Fitur ini menampilkan kode inventaris Barang Milik Daerah (BMD) yang biasa digunakan saat penatausahaan menggunakan format Kartu Inventaris Baranag (KIB);
Agar pengguna mudah mengenali versi mana yang cocok untuk digunakan, ikuti perkembangan catatan rilis versi-nya, mengingat DapodikEditor ini akan selalu mengalami perubahan / penambahan / perbaikan disesuaikan dengan perubahan pada aplikasi Dapodikdas / Dapodikmen. Jika Dapodikdas / Dapodikmen mengeluarkan versi terbaru maka DapodikEditor ini akan segera mengikuti perubahan tersebut akan bisa terus digunakan.


Untuk men-download aplikasinya, silakan klik pada link di bawah ini:

* Download untuk Dapodikdas 3.0.3 –> Silakan like/tweet untuk menampilkan tombol download.



PERINGATAN:

  • Aplikasi ini mengakses langsung database Dapodikdas tanpa proteksi. Segala perubahan yang pengguna lakukan akan langsung tersimpan otomatis ke Aplikasi Dapodikdas.
  • Aplikasi ini bukan merupakan aplikasi resmi (utama/tambahan) dari Aplikasi Dapodikdas. Aplikasi ini dikembangkan oleh pihak di luar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (tim Dapodikdas).
  • Aplikasi ini hanya aplikasi sederhana dari, oleh, dan untuk Operator Sekolah sebagai bentuk usaha untuk mempermudah pekerjaannya sendiri. Aplikasi ini akan selalu memerlukan perbaikan, peningkatan, dan pengembangan terus menerus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.
  • Segala kerugian yang terjadi atas penggunaan aplikasi ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna.
  • Jika anda merasa tidak aman/nyaman menggunakan Aplikasi ini, jangan menggunakan aplikasi ini. Sebaliknya, jika anda merasa aplikasi ini cukup bermanfaat, silakan bagikan kepada siapapun.

Video demonstrasi penggunaan DapodikEditor


 (Youtube)





(Facebook Video)






Sumber: Catatan Rilis DapodikEditor 





Ada pertanyaan atau komentar?

Tinggalkan Balasan