Website Resmi IDENTIK | Ikatan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

Sekilas Tentang IDENTIK


identik-2012

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat kepada kita semua mulai dari nikmat sehat, iman dan kesempatan untuk dapat berkarya di bidang pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Pendidikan adalah modal utama bagi suatu bangsa dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang dimilikinya. Sumberdaya manusia yang berkualitas akan mampu mengelola sumber daya alam dan memberi layanan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, hampir semua bangsa berusaha meningkatkan kualitas pendidikan yang dimilikinya, termasuk Indonesia.

identik-logoIDENTIK adalah singkatan dari Ikatan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Awal mula berdirinya IDENTIK diprakarsai oleh beberapa orang tenaga Tata Usaha (operator sekolah) Sekolah Dasar. Teman-teman operator tersebut membentuk sebuah komunitas kecil yang diberi nama “Komunitas Operator Seksi Dikdas Kecamatan Palmerah” tidak secara resmi namun tercatat tepatnya pada tanggal 10 Oktober 2010.

Identitas Resmi:
  • IDENTIK – Ikatan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  • Alamat Sekretariat: Komp. SDN Kemanggisan 06 Pagi
  • Jl. Anggrek Garuda Blok E, Slipi, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat

Pada saat itu komunitas dibentuk untuk mengakomodir dan menjalin koordinasi arus informasi yang lebih baik antar sekolah, terutama koordinasi urusan kedinasan. Langkah pertamanya adalah mendata dan mengidentifikasi seluruh tenaga tata usaha / operator seluruh sekolah se-kecamatan Palmerah, Kemudian membentuk sebuh grup di Facebook sebagai media untuk mempermudah koordinasi dan tukar informasi.

Setelah melalui berbagai pertimbangan dan usulan, secara aklamasi terbentuklah sebuah kepengurusan sederhana yang terdiri dari 6 orang. Keenam orang tersebut bertugas sebagai “Koordinator Wilayah Binaan.” Saat itu di wilayah dinas Seksi Dikdas Kecamatan Palmerah terdapat 6 wilayah binaan. Setiap 1 orang koordinator mengkoordinir teman-teman tata usaha / operator di 1 wilayah binaan yang terdiri dari 2 “gugus” dan masing-masing “gugus” saat itu terdiri dari 6-7 sekolah dasar (negeri dan swasta).

Kepengurusan sederhana tersebut sepenuhnya didukung oleh Kepala Seksi Dinas Pendidikan Dasar Kecamatan Palmerah yang saat itu dijabat oleh Bapak H. Awaludin, S.Sos, M.Pd. Dukungan juga mengalir dari sebagian besar teman-teman tata usaha / operator sekolah se-kecamatan Palmerah, juga seluruh Pengawas TK/SD dari 6 wilayah binaan dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kec. Palmerah.

Dengan berbagai dukungan moril dan materiil tersebut, komunitas kecil dengan kepengurusan sederhana ini makin berkembang dan dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan yang diharapkan walaupun masih terdapat berbagai kekurangan di sana-sini.

Nama IDENTIK sendiri secara resmi mulai digunakan tanggal 1 Juni 2011 saat berlangsungnya Rapat Kerja (Raker) I di Villa Pandawa, Ciloto – Puncak, Jawa Barat.

Di tahun 2012, kepengurusan pun berlanjut berdasarkan Keputusan Rapat Pengurus, Ikatan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (IDENTIK) Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat pada tanggal 19 September 2012.

Kepengurusan ini sepenuhnya didukung oleh Kepala Seksi Dinas Pendidikan Dasar Kecamatan Palmerah yang saat itu dijabat oleh Bapak H. H. Kholil, M.Pd. Dukungan juga mengalir dari sebagian besar teman-teman tata usaha / operator sekolah SD/SMP se-kecamatan Palmerah, juga seluruh Pengawas TK/SD dari 8 wilayah binaan dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kec. Palmerah.

Komunitas yang pada mulanya kecil ini makin berkembang menjadi besar, di kemudian hari komunitas ini akan terus dipertahankan sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi, mempermudah koordinasi, ajang berbagi, tukar informasi, dan berbagai kebutuhan lainnya sejalan dengan berkembangnya dunia pendidikan.

Komunitas ini memang diprakarsai dan bahkan sebagian besar pengurusnya adalah tenaga Tata Usaha / Operator Sekolah atau saat ini lebih populer disebut Forum Operator Sekolah (FOS), dan lebih didominasi oleh sekolah yang berada dalam wilayah dinas Kec. Palmerah. Namun, komunitas ini tidak menutup diri dari berbagi pihak yang ingin bergabung.

Perkembangan dan perubahan dunia pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya.

Perkembangan dan perubahan tersebut menuntut perubahan dan peningkatan di bidang pendidikan dalam melayani peserta didik untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang beraklaq mulia, cakap, tangguh, dan mandiri.

Untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan pemerintah dan masyarakat melalui serangkaian kegiatan dan program kerja yang berorientasi kepada peningkatan kualitas pelayanan pendidikan. Dalam rangka merealisasikan hal tersebut perlu dijalin kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak penyelenggara pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, masyarakat, dan pemerintah. IDENTIK hadir sebagai bagian upaya untuk menjalin komunikasi dan mengawali kerjasama yang baik diantara semua.

Melalui upaya membangun IDENTIK, kami berharap dapat menjalin komunikasi dua arah antara penyelenggara pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, pemerintah dan masyarakat. Komunikasi ini akan sangat berguna bagi semua pihak yang berkepentingan.

Ada pertanyaan atau komentar?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: